Persaingan Industri Global, Ajak Siswa Manfaatkan Potensi Lokal

SUMENEP, UNIJA – Universitas Wiraraja (Unija) memiliki perhatian tersendiri terhadap Desa Banasare, Kecamatan Rubaru, Sumenep. Di desa yang dikenal dengan aneka ragam hasil pertaniannya itu, tim dari Kampus Cemara mensosialisasikan pemanfaatan potensi lokal, termasuk juga sosialisasi mengenai pengolahan saos tomat.

Sosialisasi tersebut dikemas dalam bentuk workshop industri dengan tema “Ïnovasi Teknologi Pengolahan Potensi Lokal Dalam Persaingan Industri Global” di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mambaul Hikmah Rubaru, Desa Banasare, 15 Februari 2021.

Hadir dalam workshop tersebut puluhan Siswa dan Siswi SMK Mambaul Hikmah, kepala sekolah dan sejumlah guru SMK Mambaul Hikmah, dan dari program studi (Prodi) Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian Unija.

“Kita jangan hanya puas dengan hasil pertanian yang diperoleh, tapi harus ada nilai tambah yaitu dengan berinovasi pada teknologi pengolahan,” kata Ismawati, S.TP., M.Sc saat menjadi pemateri dalam workshop tersebut.

Dosen lulusan teknologi hasil pertanian itu mengungkapkan, dengan berinovasi pada teknologi pengolahan, maka masyarakat di Desa Banasare khususnya dapat bersaing dalam industri global. Apalagi, persaingan dalam industri saat ini sudah tidak bisa dihindari.

Setelah sosialisasi mengenai Ïnovasi Teknologi Pengolahan, para peserta kemudian diajak untuk mempraktikkan pembuatan saos tomat hingga proses pengemasan dalam botol plastik yang sudah disediakan. Selain sosialisasi, pada acara itu juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara SMK Mambaul Hikmah dengan Prodi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian Unija. Kerjasama tersebut terkait dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top