Selamat datang di website resmi Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja Sumenep. Mohon maaf, saat ini website masih dalam proses rebuilding... segala fitur dan menu masih belum bisa diakses secara sempurna..

Sejarah

Sebelum Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep menerima penghargaan Anugerah Kampus Unggul (AKU) untuk yang kedua kalinya pada tahun 2012 dalam kategori Kelembagaan dan Tata Kelola, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, serta Kemahasiswaan dari Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS) Wilayah VII Jawa Timur pada 31 Maret 2012, kampus di ujung timur pulau Madura ini telah mengecap pahit getir dinamika perubahan.

Berdiri pada hari Jum'at 25 Juli 1986 melalui legalisasi Kantor Notaris Akhmad Kohar, SH yang beralamat di Jl. Embong Wungu No 47B Surabaya.

Sebagaimana termaktub dalam akte notaris tersebut, pendirian Universitas Wiraraja dipelopori oleh Soegondo (Bupati Sumenep 1985-1995), Drs. H. A. Said Hidayat, M.Si. (Kepala Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumenep), Wasoel Djakfar, BBA (Kepala Sanggar Kegiatan Belajar), dan Syafrawi (Karyawan BNI Sumenep).

Momentum Repelita (Rencana Pembangunan Lima Tahun) untuk mendorong program pembangunan sejuta sekolah dasar, khususnya di daerah-daerah terpencil dan kepulauan, ditangkap oleh para penggagas sebagai saat yang tepat untuk mendirikan sebuah universitas.

Pada periode awal Unija hanya memiliki 5 fakultas, Yakni Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Keguruan.

Fakultas Pertanian pada awalnya hanya memiliki satu program studi yaitu program studi agribisnis. Agribisnis memiliki akreditasi B sesuai dengan 1560/SK/BAN-PT/S/VIII/2016.

Prodi Agribisnis pada Fakultas Pertanian sebagai salah satu prodi yang ada sejak berdirinya Universitas menjadi penopang mewujudkan visi tersebut.Pertanian khususnya agribisnis memberikan inovasi-inovasi disektor pertanian dengan memberikan nilai tambah terhadap produk pertanian untuk menunjang pembangunan perekonomian nasional.

Seiring berjalannya waktu pada tahun 2017 dibuka program baru yaitu program studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) yang memiliki akreditasi C sesuai dengan 490/KPT/I/2016.

Dengan hadirnya prodi THP semakin melengkapi keilmuan yang ditawarkan kepada masyarakat luas khususnya di Kabupaten Sumenep dari keilmuan Hulu ke Hilir dan Pasca Panen bahkan keilmuan dalam proses Pengolahan produk pertanian.

Fakultas Pertanian sendiri telah menjalani 6 kali masa kepemimpinan sejak awal berdirinya hingga sekarang, diantaranya:

  1. Periode 1968-1989 dipimpin oleh Dekan Ir. Suyono
  2. Periode 1990-2002 dipimpin oleh Dekan Ir. Djasmo, MM.
  3. Periode 2002-2004 dipimpin oleh Dekan Ir. RP. Much. Muchtar, M.Ak