Selamat datang di website resmi Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja Sumenep. Mohon maaf, saat ini website masih dalam proses rebuilding... segala fitur dan menu masih belum bisa diakses secara sempurna..

Sarana Pendidikan

00 gedung kuliah

GEDUNG KULIAH

Untuk mendukung kenyamanan belajar, disediakan ruang belajar yang representatif, dan dilengkapi fasilitas pendingin ruangan, dilengkapi dengan multimedia, serta akses internet.

00 perpustakaan copy

PERPUSTAKAAN

Perpustakaan menggunakan ruang ber-AC dan dilengkapi dengan buku-buku, jurnal dan majalah serta menggunakan sistem e-Library.

00 Lab Komputer copy

LABORATORIUM KOMPUTER

Dilengkapi dengan ruangan ber-AC dengan kapasitas 60 unit komputer.

00 bhasa copy

LABORATORIUM BAHASA

Dilengkapi dengan VCD Player, TV, Komputer, Tape Recorder, Headset, CD Audiovisual dan ruangan ber-AC.

labteknik

LABORATORIUM TEKNIK SIPIL

Laboratorium Teknik Sipil terdiri dari Laboratorium Bahan, Laboratorium Ilmu Ukur Tanah, Laboratorium Perpetaan, Laboratorium Perkerasan Jalan Raya dan Laboratorium Beton.

Laboratorium Teknik Sipil terletak di Universitas Wiraraja. Terdiri dari Laboratorium Jalan Raya, Laboratorium Beton, Laboratorium Bahan dan Laboratorium Ilmu Ukur Tanah.

Laboratorium mempunyai fungsi utama yaitu sebagai tempat berlatih mengembangkan keterampilan intelektual melalui kegiatan pengamatan, pencatatan, dan pengkajian. Kegiatan di Laboratorium Teknik Sipil meliputi Kegiatan Pendidikan yaitu Praktikum, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta Jasa Layanan, sehingga dalam perencanaan program kerja serta pemantuannya didasarkan atas ketiga hal tersebut.

Laboratorium Teknik Sipil Universitas Wiraraja Sumenep bekerjasama dengan Laboratorium Keairan dan Teknik Pantai Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dan juga bekerjasama dengan Laboratorium Mekanika Tanah dan Geologi Universitas Brawijaya Malang. Kerjasama ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan mahasiswa terkait kegiatan praktikum. Aktifitas yang ada di Laboratorium Teknik Sipil antara lain:

1. Praktikum

Mahasiswa program S1 melaksanakan praktikum di laboratorium ini, adapun daftar praktikum yang dilaksanakan sebagai berikut :

a. Ilmu Ukur Tanah

b. Perpetaan

c. Bahan

d. Beton

e. Perkerasan Jalan Raya

f. Hidrolika (Lab. Keairan dan Teknik Pantai ITS Surabaya)

g. Mekanika Tanah (Lab. Mekanika Tanah dan Geologi UB Malang)

2. Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping Dharma pendidikan dan pengajaran. Sesuai dengan visi Universitas Wiraraja yaitu “Terwujudnya Universitas yang universal, berkarya ilmiah dan berbasis riset” dan visi Fakultas Teknik yaitu “Mewujudkan Fakultas Teknik yang universal, berkarya ilmiah, dan berbasis riset, sehingga mampu memberikan konstribusi dalam rangka mencerdaskan dan mensejahterkan kehidupan bangsa dengan menghasilkan sarjana teknik yang berkualitas, profesional dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi bangsa, negara dan umat manusia”Demi mewujudkan visi Universitas dan Fakultas Teknik, Laboratorium Teknik Sipil mendukung kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa dan Dosen baik dari lingkungan Universitas Wiraraja maupun dari luar Universitas Wiraraja.

3. Jasa Layanan

Kegiatan jasa layanan di laboratorium teknik sipil merupakan kegiatan pelayanan kepada masyarakat maupun instansi khusus dibidang teknik sipil misalya pengujian kuat tekan paving block, pengujian kuat tekan beton dll.

Laboratorium Teknik Sipil ini dilengkapi dengan peralatan yang mendukung keberlangsungan semua aktifitas baik peralatan utama maupun peralatan pendukung. Berikut ini merupakan daftar peralatan utama dan peralatan pendukung untuk masing-masing laboratorium.

Dokumentasi Laboratorium Teknik Sipil

doklab