profile

Pembangunan Pertanian di Indonesia mempunyai peranan yang penting dalam keseluruhan pembangunan ekonomi.

Pentingnya pertanian di Indonesia, sebab :

  • potensi sumberdayanya yang besar dan beragam,
  • pangsa terhadap pendapatan nasional cukup besar,
  • besarnya penduduk yang menggantungkan hidupnya pada sektor ini, dan
  • menjadi basis pertumbuhan di pedesaan. pada masyarakat.

Oleh karena itu pembangunan pertanian yang berwawasan agribisnis harus terus dilakukan dan dikembangkan.

Melalui konsepsi pertanian berwawasan agribisnis ini diharapkan :

  • mampu menumbuhkan sektor pertanian melalui peningkatan nilai tambah pertanian
  • meningkatkan kesejahteraan masyarakat,
  • sehingga pada gilirannya mampu menjadi sumber pertumbuhan baru bagi perekonomian Indonesia.

Perguruan tinggi sebagai lembaga ilmiah merupakan pusat penyelenggaraan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian yang mempunyai cita-cita luhur untuk berpartisipasi aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja sebagai institusi Pendidikan dalam rangka mendukung pembangunan agribisnis di Indonesia berusaha untuk memberikan sumbangan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni :

  • pendidikan
  • penelitian
  • pengabdian pada masyarakat

Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja Sumenep merupakan salah satu Fakultas di Universitas Wiraraja  yang berdiri sejak tahun 1986 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0618/0/1989 tentang Pemberian Status Terdaftar kepada Fakultas/Jurusan/Program Studi di Lingkungan Universitas Wiraraja.

Fakultas Pertanian yang merupakan salah satu Fakultas di lingkungan Universitas Wiraraja dalam upaya turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya di bidang pendidikan tinggi yang merupakan suatu sistem dari sistem pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 guna menyiapkan peserta didik yang menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan, kecakapan dan keterampilan dalam pengembangan/penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian dan mengupayakan penggunaannya bagi masyarakat, bangsa dan Negara.

Visi Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja adalah:

“Menjadi Lembaga Pendidikan yang Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Berbasis Riset serta Mempunyai Keunggulan Kompetitif di bidang Pertanian Wilayah Pesisir dan Wilayah Lahan Kering di Madura Pada Tahun 2024”

Untuk mewujudkan visi FP Unija tersebut maka dirumuskan misi Fakultas Pertanian adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang profesional di bidang pertanian wilayah pesisir dan wilayah lahan kering
  2. Menyelenggarakan penelitian dan publikasi yang profesional untuk mengembangkan bidang ilmu pertanian wilayah pesisir dan wilayah lahan kering
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pertanian sesuai kebutuhan masyarakat wilayah pesisir dan wilayah lahan kering.

Berdasarkan visi dan misi, serta standar mutu maka FP Unija menetapkan tujuan yang ingin diwujudkan pada tahun 2024 adalah sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan sarjana pertanian yang memiliki kompetensi sebagai agripreneur (entrepreneur bidang pertanian), konsultan bidang pertanian, dan fasilitator pengembangan masyarakat pertanian wilayah pesisir dan wilayah lahan kering.
  2. Menjadi rujukan pengembangan ilmu dan teknologi bidang pertanian wilayah pesisir dan wilayah lahan kering
  3. Menerapkan hasil penelitian bidang pertanian untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat pertanian wilayah pesisir dan wilayah lahan kering.

Fakultas Pertanian memiliki satu program studi Agribisnis.